Sabtu, 28 Maret 2009

Tips berinternet di warnet

Indonesia saat ini banyak sekali warung internet atau yang sering kita sebut dengan warnet. Warnet merupakan sarana mudah dan lumayan murah dalam mengakses informasi di internet. Dengan banyaknya jumlah warnet saat ini maka terjadi persaingan harga dan kualitas akses antar warnet sehingga para pengguna tinggal memilih warnet mana saja yang menurut mereka sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi keuangannya.


Dibalik kemudahan dan murahnya biaya akses dari warnet seringkali kita lupa dengan yang namanya faktor sekuriti atau keamanan dalam melakukan akses internet dari warnet. Ini mengingat bahwa warnet adalah tempat umum dan bisa digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Seringkali penulis mendengar banyak kasus misalnya password e-mail yang tiba-tiba berubah sendiri, data e-mail pada Yahoo! Mail Anda hilang, account FTP Anda hilang, disket yang Anda masukkan ke dalam PC warnet tiba-tiba terdapat virus dan lain sebagainya. Setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata semuanya akibat kecerobohan atau kelalaian Anda ketika melakukan akses internet melalui warnet. Untuk itu mari kita sekarang perhatikan beberapa tips keamanan dalam ber-internet di warnet.



E-mail
Menurut pengamatan penulis seringkali aktivitas yang dilakukan pengunjung warnet adalah melakukan checking e-mail misalnya pada Yahoo! Mail, Hotmail dan lain-lain. Seringkali pengguna web mail ini lupa dalam melaksanakan prosedur log-out ketika selesai menggunakan web mail. Ini sama saja seperti di ATM Anda meninggalkan begitu saja ATM Anda di dalam mesinnya. Untuk itu jangan pernah sampai lupa untuk melakukan log-out pada account web mail Anda. Efek yang bisa terjadi jika Anda lupa adalah diubahnya password Anda oleh orang lain yang iseng, dibacanya e-mail pribadi Anda atau bahkan yang lebih berbahaya adalah orang yang jahil ini akan mengirimkan e-mail kepada orang yang Anda kenal dengan isi yang tidak Anda inginkan.



Jika Anda menggunakan program e-mail client seperti MS Outlook Express atau Eudora pada warnet maka jangan pernah lupa untuk menghapus kembali informasi-informasi e-mail Anda seperti alamat e-mail Anda, alamat SMTP & POP3 dan username/password Anda. Kosongkan semua setting pada aplikasi e-mail client tersebut.



Chat
Aktivitas lain yang sering dilakukan di warnet adalah chatting. Banyak kasus yang terjadi adalah Anda lupa melakukan disconnect atau log-out setelah selesai menggunakan program-program chatting seperti Yahoo! Messenger, MSN Messenger, ICQ dan lain sebagainya. Efek dari kelalaian ini maka orang lain bisa melihat profile atau bahkan mengubahnya. Selain itu orang tersebut bisa melakukan kontak dengan teman-teman dalam contact list Anda dengan pesan-pesan yang tidak Anda inginkan. Untuk itu selalu ingatlah untuk melakukan disconnect atau sign-out dari program-program chatting tersebut jika Anda sudah selesai menggunakannya.



Internet Banking
Penulis sangat tidak menganjurkan Anda melakukan aktivitas internet banking (misalnya Klik BCA, BII Internet Banking dan lain-lain) dari warnet karena resikonya sangat tinggi. Ingat bahwa warnet adalah tempat umum dan ada banyak sekali kemungkinan kejahatan. Ambil contoh misalnya setiap PC warnet bisa jadi telah dipasangi program key logger (oleh orang yang tidak bertanggung jawab) yang bisa menyadap semua ketikan Anda pada keyboard. Selain itu ada juga kemungkinan data sniffing, dimana orang pada komputer lain dalam warnet yang Anda pakai sedang melihat semua traffic data yang berasal dari komputer Anda. Untuk itu sekali lagi penulis sangat tidak menganjurkan Anda untuk melakukan aktivitas internet banking melalui warnet.



Browsing
Akses internet menggunakan web browser juga banyak sekali dilakukan oleh pengguna internet. Penulis hanya menyarankan agar Anda berhati-hati jika melakukan transaksi e-commerce melalui warnet apalagi jika ada data-data kartu kredit Anda. Kemungkinan-kemungkinan negatif seperti yang sudah dijelaskan di atas selalu ada. Jangan pernah mencoba berbelanja pada situs-situs yang tidak memiliki kredibilitas atau belum pernah Anda kenal sebelumnya.



Virus
Waspada terhadap kemungkinan virus yang menyerang ke dalam disket Anda (jika Anda memasukkan disket ke dalam drive PC warnet). Biarpun di PC tersebut terdapat anti virus tetap saja ada kemungkinan virus, lebih-lebih lagi jika ternyata virus definition pada anti virus tersebut tidak pernah di update menjadi yang terbaru. Solusinya adalah mintalah petugas warnet untuk memastikan bahwa data yang Anda transfer ke dalam disket Anda aman dari virus.



Umum
Jangan pernah meninggalkan dokumen-dokumen penting Anda dalam hardisk warnet. Jangan pernah mau menerima file executable (.exe) dari teman chatting Anda atau sembarangan meng-klik program-program pada PC warnet. Ini untuk meminimalkan kemungkinan Anda terserang trojan dan virus. Trojan adalah suatu program kecil yang apabila berjalan pada PC akan memiliki beberapa fungsi jahat diantaranya memonitor ketikan Anda pada keyboard dan dikirimkan ke suatu alamat e-mail yang tentu saja semua aktivitas ini tanpa sepengetahuan Anda.

Tidak ada komentar: