Sabtu, 28 Maret 2009

Software Pendukung Web Design

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas beberapa kategori software web design yang Anda butuhkan saat membuat sebuah desain/theme website/blog. Software tersebut merupakan ‘pemain inti’ jika diumpamakan sebagai pemain sebuah tim sepak bola. Mau tidak mau software yang termasuk dalam kategori itu harus ada, meskipun masing-masing dari kita menggunakan software yang berbeda, asal fungsinya sama ya gak jadi masalah.

Berikut ini adalah nama beberapa software pendukung web design yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimal tampilan website/blog Anda. Karena bukan ‘pemain inti’ Anda bisa menggunakannya, bisa juga tidak. Nama-nama software ini juga bukan harga mati. Kalau Anda punya yang lebih baik, please share disini ya.. hehehe.. Tanpa banyak basa-basi lagi mari kita kemon!

Bikin FavIcon dengan IcoFX

Kalau saat ini Anda belum tahu yang namanya favicon itu, coba buka situs ini menggunakan Mozilla Firefox atau Opera. Perhatikan sebuah gambar berbentuk kotak berwarna merah dengan tulisan DC (singkatan dari DHINATACOM) berwarna putih ditengahnya. Itu adalah sebuah gambar dari file icon (ekstensinya *.ico) berukuran 16×16 pixel.

Fungsinya sama dengan icon sebuah aplikasi komputer, yaitu sebagai gambar visual yang membedakan situs/blog dengan yang lainnya. Bisa juga sebagai ciri khas karena biasanya menampilkan sebuah logo. Icon tersebut dibuat oleh salah satu software freeware pembuat icon yaitu IcoFX. Kalau Anda pernah menggunakan aplikasi grafis seperti Paint atau Photoshop maka cara pemakaian aplikasi ini gak jauh berbeda. Jangan lupa buat icon dengan ukuran 16×16 pixel karena itu adalah ukuran maksimal yang bisa ditampilkan oleh browser. Kalau gak mau repot bikin icon, mungkin nyolong icon dari aplikasi komputer bisa Anda coba sebagai latihan hehehe..

Koleksi lengkap JavaScript dari Javascript Collector

JavaScript merupakan salah satu unsur utama dari pemrograman AJAX, sebuah bahasa pemrograman yang memungkinkan sebuah website/blog tampil interaktif. Maka jangan heran jika Anda melihat sesuatu yang unik dari sebuah halaman website/blog. Misalnya seperti efek salju yang muncul pada browser atau sebuah huruf yang meloncat-loncat dibrowser, bisa dipastikan yang menjadi ‘dalangnya’ adalah JavaScript.

Kalau mau koleksi JavaScript gratis yang lengkap, download saja freeware bernama Javascript Collector. Lebih dari 200 skrip bisa Anda seleksi dan pakai sesuai dengan kebutuhan desain Anda. Gunakan saja seperlunya. Jangan sampai bikin tampilan situs/blog terkesan norak karena menggunakan berbagai macam skrip yang sebenarnya tidak perlu.

Bikin animasi iklan dengan Animated GIF Banner Maker

Format gambar bergerak yang ada saat ini cuma GIF dan tidak sembarang aplikasi grafis bisa membuat animasi yang bagus untuk format GIF. Adobe Flash misalnya, handal untuk animasi dalam format SWF namun hasilnya hancur lebur jika dijadikan format GIF. Makanya saya lebih memilih menggunakan aplikasi lain yang benar-benar dibuat untuk membuat banner dalam format GIF. Salah satu software handal yang saya temukan adalah Animated GIF Banner Maker.

Kinerjanya cukup memuaskan dan cara penggunaannya juga tidak begitu sulit. Anda hanya perlu menentukan gambar dan delay (tenggang waktu) antara frame yang satu dengan frame lainnya. Sayangnya aplikasi ini gak gratis. Pembuatnya mengatakan bahwa aplikasi ini shareware (dicoba dulu baru kemudian membeli). Namun saya masih belum tahu batasan apa yang diberikan terhadap penggunaan aplikasi ini. Apakah fitur atau waktu pemakaiannya yang dibatasi. Sampai saat ini saya masih bisa pakai tuh meskipun belum bayar sedollarpun hehehe..

Tidak ada komentar: