Sabtu, 21 Maret 2009

Speedy Multispeed ?

Sebagai mana kita ketahui layanan internet Telkom Speedy menerapkan beberapa paket yang menggunakan sistem Quota (Quota Base) dan Waktu (Time Base). Masing-masing memang menjadi pilihan yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan bagi calon pelanggan maupun pelanggan existing.

Layanan Limited sebagaimana diinformasikan di telkomspeedy.com meliputi Personal, Time Base dan Profesional sedangkan Layanan Unlimited meliputi Office dan Warnet. Yang menarik dan sering menjadi pertanyaan adalah perbedaan masing-masing paket disisi layanan. Berdasarkan beberapa sumber tidak ada perbedaan layanan yang signifikan disisi Speed/Kecepatan Akses karena konsep bandwidth retail diterapkan di semua paket layanan kecuali untuk paket Unlimited Warnet. Berikut dikutif dari speedywiki :

Beda utama paket Speedy WARNET dan Speedy Unlimited biasa, terutama di:

  • Quality of Service (QoS), paket WARNET mempunyai QoS yang lebih tinggi. Hal ini terutama akan di rasakan pada saat di bebani komputer yang banyak di siang hari. Paket WARNET seharusnya akan mempunyai kemampuan untuk mengakses Internet lebih baik dari Speedy Unlimited.
  • Dalam bahasa sederhana, bandwidth dari rumah / WARNET ke DSLAM sama-sama 384/64Kbps. Tapi jatah bandwidth dari DSLAM ke Internet yang beda. Paket WARNET punya jatah lebih tinggi, hal ini akan terasa kalau di bebani banyak komputer di siang hari.
  • Memang di saat traffic rendah, paket WARNET dan paket Office akan tidak jauh berbeda.

Harga memang tidak pernah bohong:)

Speedy Multispeed ? memang informasi ini belum dirilis secara resmi, namun sudah menjadi isu hangat di beberapa komunitas speedy. Secara umum, Speedy Multispeed ini akan menerapkan system Speed/Kecepatan Akses Dedicated/Tetap dengan pengertian pelanggan akan mendapatkan bandwidth sesuai dengan paket layanan yang dipilih. Misalnya berlangganan paket 128 kbps, maka pelanggan akan mendapat garansi bandwidth sebesar 128 kbps. Memang cukup adil, selain itu konsep ini lebih dulu telah diterapkan oleh ISP pada umumnya. Untuk memperoleh informasi lebih mengenai isu ini, bisa mengikuti Thread berikut.

Menurut informasi dari forum Komunitas Open Source Indonesia, layanan ini secara resmi akan dilaunching pada 14 Februari 2009 dengan harga mulai dari Rp. 195.000,- .. wow .. kita tunggu aja apakah layanan ini akan dirilis juga di Cianjur.

Tidak ada komentar: