Sabtu, 28 Maret 2009

Fasilitas Google selain Search Engine

Hampir setiap pengguna internet mengenal Google sebagai search engine atau mesin pencari terpopular di dunia maya. Namun, kebanyakan pengguna mengenal Google hanya sebagai mesin pencari, padahal sebenarnya banyak fasilitas lain yang sangat bagus yang dikembangkan Google untuk membantu pengguna Internet.

Selain search engine, fasilitas lain yang cukup terkenal antara lain gmail (e-mail), google earth, google adsense dan youtube. Fasilitas lain yang di sediakan Google adalah sebagai berikut :

Kalkulator

Google dapat berfungsi sebagai penghitung sederhana. Bagaimana cara menggunakannya ? Buka situs www.google.com dan pada kotak search, ketik angka yang ingin di jumlah, misalnya 10+40, kemudian tekan tombol enter dan lihat hasil yang muncul. Tidak hanya terbatas pada fungsi penambahan, untuk fungsi pengurangan (-), perkalian (*) dan pembagian (/) pun dapat dilakukan.

calc1

Konversi mata uang

Saat browsing di Internet dan membutuhkan bantuan untuk mengkonfersi mata uang, daripada bingung mencari website tertentu, dengan Google, konversi tersebut dapat dilakukan. Misalnya kamu ingin mengkonversi 1 dollar Singapura kedalam rupiah. Cukup buka google, kemudian ketikan 1 SGD in rupiah, tekan enter dan lihat hasilnya.

Begitu pula untuk mengkonversi dalam mata uang yang lain dapat dilakikan Google. Yang penting kamu mengetahui kode mata uang tersebut, misalnya untuk mata uang Negara – Negara Eropa menggunakan kode EUR, Amerika (USD), Australia (AUD), Hongkong (HKD), Malaysia (MYR)

currency

Penghitungan Waktu

Google pun dapat digunakan sebagai penghitung waktu, misalnya jika ingin mengetahui dalam 50 bulan ada berepa hari. Secara manual perhitungannya akan memakan waktu lama. Cukup dengan mudah membuka google dan ketikan 50 month in day, kemudian tekan Enter.

month to day

Begitu pula kalau kamu ingin menghitung hari, bulan maupun tahun, semuanya dapat dilakukan dengan cara yang cepat dan mudah

Konversi suhu

Melalui Google, kamu bisa mengkonversi suhu dengan mudah. Di dunia ini ada 2 sistem suhu yang paling sering digunakan, yaitu Celcius dan Fahrenheit. Di Indonesia kita lebih familiar dengan sistem Celcius. Perhitungan konversinya dapat dilakukan dengan mudah lewat google. Misalnya ingin mengetahui 150 F sama dengan berapa derajat Celcius, kamu cukup mengetikan pada kotak search : 150 f in c, kemudian tekan enter.

degree

Konversi Satuan Panjang

Kamu juga bisa melakukan konveri satuan panjang lewat google, misalnya bila ingin menghitung 145 meter di konversi ke centimeter, hasilnya berapa. Caranya cukup mudah, ketikan pada kotak search : 145 m in cm dan tekan enter.

meter

Translater

Ada begitu banyak website dalam bermacam – macam bahasa. Terkadang dengan bahasa inggris saja kita sudah kerepotan, apa lagi dalam bahasa asing lain. Untuk memudahkan para pengguna internet, maka Google pun sudh menyipakan fasilitas translate. Cara penggunaannya pun sangat mudah :

- Buka halaman Google, kemudian kerik kata More yang ada di atas kotak search

- Pilih kata Translate pada halaman More Google Products

translate

- Kemudian akan muncul halaman Google translate. Masukan kalimat yang ingin kamu terjemahkan, misalnya kalimat dalam bahasa Jerman ingin kamu terjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Masukan kalipat pada kotak Original text, kemudian pada kotak bawah tentukan bahasa yang akan di terjemahkan dan lihat hasil terjemahannya pada sebelah kanan. Sayangnya, translate ke dalam bahasa Indonesia belum tersedia

translate1

Web page Translate

Satu lagi fasilitas canggih yang disediakan oleh Google bagi para pengguna internet, yaitu menterjemahkan halaman website. Bayangkan jika suatu waktu kamu mau meneruskan studi keluar negeri, misalnya saja ke Jerman. Biasanya kamu akan mencari informasi terlebih dahulu sehubungan dengan tempat yang di tuju. Dengan Google Translate, semua itu akan menjadi lebih mudah.

Cara penggunaanya adalah :

- Buka halaman situs yang akan diterjemahkan, misalnya saya ingin mencari informasi tentang hardware komputer di http://www.spielesuechtig.de,

- Buka fasilitas Google Translate dan ketikan http://wwwspielesuechtig.de pada kotak dibawah tulisan Translate a web page, kemudian disebelahnya pilih bahasa yang akan diterjemahkan : German to English

webtranslate

- Hasilnya akan muncul dalam hitungan detik dan kamu bisa membandingkan hasil yang diterjemahkan dengan web aslinya.

Mencari Jurnal

Google juga menyediakan fasilutas khusus pada halaman pencarian, yaitu Google Scholar. Kita dapat melihat tampilan Google Scholar pada halaman pembuka.

- Masuk ke halaman www.google .com dna klik Scholar pada bagian kotak atas search

- Tuliskan topik yang ingin anda cari di kotak search. Misalkan saya ingin mencari jurnal tentang Indonesia dan setelah beberapa saat akan muncul jurnal sesuai dengan topik yang diinginkan.

Mencari Produk

Di internet kita pun dapat berbelanja seperti dunia nyata. Biasanya sebelum memilih suatu produk tertentu, kita bertanya pada beberapa teman tentang produk yang akan dibeli untuk referensi produk tersebut. Di internet pun sebelum berbelanja, dapat melihat harga dan pendapat dari orang – orang yang sudah menggunakan produk tertentu

- Masuk ke halaman www.google.com dan klik kata More, setelah itu lihat pilihan Product Search

- Kemudian kamu akan dibawa ke halaman berikut dan pada kotak search product, ketikan produk yang ingin dicari, misalnya nokia.

- Setelah beberapa saat, hasil pencarian produk nokia dapat terlihat

Katalog Produk

Fungsi ini hamper mirip dengan fasilitas sebelumnya, tapi kali ini kamu diajak melihat produk – produk apa saja yang dijual secara online

- Buka alamat http://catalogs.google.com Pilih salah satu kategori di bawah kotak search catalog, misalnya akan mencari catalog sehubungan Books, Music & Film

- Kamu akan dibawa pada beberapa situs yang berhubungan dengan komputer

Selamat Menjelajah ……

Tidak ada komentar: